Jangan ragu, konsultasikan kebutuhan Anda pada Kingsign sekarang! Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam jasa konsultasi reklame.
Saat ini, dunia pemasaran semakin dinamis dan penuh persaingan, kita harus menemukan cara efektif untuk menarik perhatian konsumen, karena perhatian konsumen adalah sebagian dari kunci keberhasilan. Media visual yang menarik dan strategis dapat menjadi alat yang sangat powerful dan impactful untuk mempengaruhi perilaku konsumen dan membangun citra merek yang kuat. Salah satu metode komunikasi pemasaran dan periklanan ini mampu menjangkau audiens luas dengan pesan yang singkat namun kuat, membantu bisnis untuk menonjol di tengah keramaian pasar. Penasaran dengan medianya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!
Suatu bentuk pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak yang bertujuan untuk mempromosikan produk, jasa, atau ide tertentu. Terbagi menjadi beberapa bentuk media, mulai dari baliho, spanduk, hingga iklan digital di internet yang memuat gambar, teks, dan warna yang menarik untuk mempengaruhi perilaku konsumen.
Suatu bentuk pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand kepada konsumen dengan tujuan meningkatkan penjualan dan brand awareness.
Suatu bentuk komunikasi yang fokus pada edukasi kepada masyarakat, sehingga meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku masyarakat terhadap suatu isu atau masalah tertentu.
Mandiri: diproduksi dan dikelola langsung oleh perusahaan yang mempromosikan produk, layanan, atau brand mereka sendiri
Agen: diproduksi dan dikelola oleh agen periklanan atau perusahaan pemasaran independen yang disewa oleh perusahaan untuk membuat dan menempatkan iklan mereka.
Informasional: bertujuan untuk memberikan informasi tentang produk, layanan, atau merek kepada konsumen.
Persuasif: bertujuan untuk mempengaruhi pikiran atau sikap konsumen terhadap produk, layanan, atau merek.
Luar Ruangan: dipasang di luar ruangan, seperti billboard, spanduk, poster, dan iklan di transportasi umum.
Dalam Ruangan: dipasang di dalam ruangan, seperti poster, brosur, layar digital, dan iklan di pusat perbelanjaan atau bioskop.
Cetak: dipasang dalam bentuk cetakan, seperti surat kabar, majalah, brosur, pamflet, dan selebaran.
Elektronik: dipasang melalui media elektronik, seperti televisi, radio, internet, dan media sosial.
Fisik: berbentuk fisik dan dipasang di lokasi tertentu, seperti billboard, spanduk, poster, dan papan nama toko.
Pesan promosional harus jelas dan sederhana. Seperti pesan promosional yang ditawarkan Telkomsel. Terdapat tulisan “Aktifin Paket YouTube Premium Rp49.000 sebulan. 1 hari= ±Rp1.700 bisa nonton YouTube tanpa gangguan sepuasnya. Masa nggak mau? Yang bener aje?” Kalimat tersebut mudah dipahami sehingga penggunanya tertarik untuk menggunakan layanan Telkomsel.
Mencerminkan nilai-nilai dan kepribadian brand. Brand Jo Malone merupakan luxury brand yang terkenal dengan kesan mewah, mahal dan elegan. Maka dari itu, promosi yang ditampilkan pun harus sesuai dengan identitas yang melekat pada brand Jo Malone.
Pendekatan kreatif dan inovatif berfungsi untuk membedakan diri dari pesaing dan menciptakan kesan yang kuat di benak audiens. Seperti pada produk Ponds. Muka model yang berjerawat ditutupi bagian billboard agar audiens bisa membedakan produk Ponds dengan produk lainnya.
Konten yang bersifat emosional kemungkinan memicu audiens untuk melakukan suatu aksi atau tindakan tertentu. Seperti pada baliho ini. Terdapat himbauan untuk coblos kolom kosong dan jangan mengambil keputusan untuk golput.
Keterkaitan aspek desain dengan emosi seperti rasa bahagia, sedih, takut, maupun jijik digunakan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen. Misalnya, dengan gambar orang yang terkena kanker tenggorokan memungkinkan perokok untuk berhenti merokok.
Desain yang menarik dan pesan yang kuat dapat menarik perhatian, memberikan edukasi. membangkitkan minat, dan mendorong para audiens untuk mencoba atau membeli produk.
Berperan sebagai sumber informasi yang dapat diakses oleh banyak orang. Contohnya spesifikasi produk, harga, lokasi toko, dan cara pemesanan. Dengan demikian, konsumen terbantu untuk membuat keputusan karena mendapat informasi dengan mudah.
Suatu produk dapat terbantu pengembangan image dan citra baiknya di mata audiens melalui desain visual yang konsisten dan pesan yang kuat. Selain itu, branding yang efektif juga dapat meningkatkan kesadaran merek, menciptakan loyalitas pelanggan, dan membedakan merek dari pesaing.
Penting untuk diingat bahwa dalam era persaingan bisnis yang ketat, media visual yang menarik dan strategis dapat menjadi alat yang sangat berpengaruh. Alat ini tidak hanya membantu menyampaikan pesan pemasaran secara efektif, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Dengan memahami jenis, tujuan, dan fungsinya, serta menerapkan strategi yang tepat, brand Anda dapat mencapai visibilitas yang lebih tinggi dan kesuksesan jangka panjang.
Sejak tahun 2012, Kingsign sudah mengerjakan plang nama dengan jangkauan seluruh Indonesia.
Kami adalah kontraktor yang dapat menciptakan signage terbaik agar meningkatkan performa usaha anda.
Anda tidak akan menemukan perusahaann yang memberikan kepedulian dalam setiap projectnya seperti apa yang kami lakukan.
Head Office : Pondok Indah Office Tower 2, Lantai 15, Jalan Sultan Iskandar Muda Kav, V-TA, Jakarta Selatan.
Kami melayani daerah Jakarta, Jabodetabek dan Seluruh Indonesia.
0851 6273 9696
Head Office : Pondok Indah Office Tower 2, Lantai 15, Jalan Sultan Iskandar Muda Kav, V-TA, Jakarta Selatan.
Copyrights 2024 by kultivate.id.
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.