KINGSIGN

Reklame: Cara Cerdas untuk Menjangkau Konsumen

Jangan ragu, konsultasikan kebutuhan Anda pada Kingsign sekarang! Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam jasa konsultasi reklame.

reklame

Saat ini, dunia pemasaran semakin dinamis dan penuh persaingan, kita harus menemukan cara efektif untuk menarik perhatian konsumen, karena perhatian konsumen adalah sebagian dari kunci keberhasilan. Media visual yang menarik dan strategis dapat menjadi alat yang sangat powerful dan impactful untuk mempengaruhi perilaku konsumen dan membangun citra merek yang kuat. Salah satu metode komunikasi pemasaran dan periklanan ini mampu menjangkau audiens luas dengan pesan yang singkat namun kuat, membantu bisnis untuk menonjol di tengah keramaian pasar. Penasaran dengan medianya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Definisi Reklame

Suatu bentuk pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak yang bertujuan untuk mempromosikan produk, jasa, atau ide tertentu. Terbagi menjadi beberapa bentuk media, mulai dari baliho, spanduk, hingga iklan digital di internet yang memuat gambar, teks, dan warna yang menarik untuk mempengaruhi perilaku konsumen.

Jenis - Jenis

reklame komersial spanduk burger
poster minuman reklame

Komersial

Suatu bentuk pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand kepada konsumen dengan tujuan meningkatkan penjualan dan brand awareness.

reklame pajak non komersial
reklame non komersial

Non Komersial

Suatu bentuk komunikasi yang fokus pada edukasi kepada masyarakat, sehingga meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku masyarakat terhadap suatu isu atau masalah tertentu.

Jenis - Jenis

Pengadaan

Mandiri: diproduksi dan dikelola langsung oleh perusahaan yang mempromosikan produk, layanan, atau brand mereka sendiri

Agen: diproduksi dan dikelola oleh agen periklanan atau perusahaan pemasaran independen yang disewa oleh perusahaan untuk membuat dan menempatkan iklan mereka.

Sifat

Informasional: bertujuan untuk memberikan informasi tentang produk, layanan, atau merek kepada konsumen.

Persuasif: bertujuan untuk mempengaruhi pikiran atau sikap konsumen terhadap produk, layanan, atau merek. 

Tempat Pemasangan

Luar Ruangan: dipasang di luar ruangan, seperti billboard, spanduk, poster, dan iklan di transportasi umum.

Dalam Ruangan: dipasang di dalam ruangan, seperti poster, brosur, layar digital, dan iklan di pusat perbelanjaan atau bioskop.

Media

Cetak: dipasang dalam bentuk cetakan, seperti surat kabar, majalah, brosur, pamflet, dan selebaran.

Elektronik: dipasang melalui media elektronik, seperti televisi, radio, internet, dan media sosial.

Fisik: berbentuk fisik dan dipasang di lokasi tertentu, seperti billboard, spanduk, poster, dan papan nama toko.

Ciri-Ciri Reklame

1. Memiliki Pesan Promosional Secara Jelas dan Sederhana

Screenshot 2024 05 28 142649

Pesan Promosi dari Telkomsel

Pesan promosional harus jelas dan sederhana. Seperti pesan promosional yang ditawarkan Telkomsel. Terdapat tulisan “Aktifin Paket YouTube Premium Rp49.000 sebulan. 1 hari= ±Rp1.700 bisa nonton YouTube tanpa gangguan sepuasnya. Masa nggak mau? Yang bener aje?” Kalimat tersebut mudah dipahami sehingga penggunanya tertarik untuk menggunakan layanan Telkomsel.

2. Mencerminkan Identitas Brand

iklan jo malone

Identitas Jo Malone yang Mewah

Mencerminkan nilai-nilai dan kepribadian brand. Brand Jo Malone merupakan luxury brand yang terkenal dengan kesan mewah, mahal dan elegan. Maka dari itu, promosi yang ditampilkan pun harus sesuai dengan identitas yang melekat pada brand Jo Malone.

3. Kreatif, Inovatif dan Mengandung Daya Tarik Visual

reklame ponds kreatif

Desain Kreatif Ponds

Pendekatan kreatif dan inovatif berfungsi untuk membedakan diri dari pesaing dan menciptakan kesan yang kuat di benak audiens. Seperti pada produk Ponds. Muka model yang berjerawat ditutupi bagian billboard agar audiens bisa membedakan produk Ponds dengan produk lainnya.

4. Memiliki Panggilan Aksi (Call to Action)

baliho partai non komersial

Baliho Himbauan Pemilihan di Papua

Konten yang bersifat emosional kemungkinan memicu audiens untuk melakukan suatu aksi atau tindakan tertentu. Seperti pada baliho ini. Terdapat himbauan untuk coblos kolom kosong dan jangan mengambil keputusan untuk golput. 

5. Mengandung Element Emosional

reklame kemasan rokok non komersial

Pesan Dampak Merokok

Keterkaitan aspek desain dengan emosi seperti rasa bahagia, sedih, takut, maupun jijik digunakan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen. Misalnya, dengan gambar orang yang terkena kanker tenggorokan memungkinkan perokok untuk berhenti merokok.

Fungsi Reklame

Sebagai Alat Promosi, Edukasi, dan Pengingat

Desain yang menarik dan pesan yang kuat dapat menarik perhatian, memberikan edukasi. membangkitkan minat, dan mendorong para audiens untuk mencoba atau membeli produk.

Sumber Informasi

Berperan sebagai sumber informasi yang dapat diakses oleh banyak orang. Contohnya spesifikasi produk, harga, lokasi toko, dan cara pemesanan. Dengan demikian, konsumen terbantu untuk membuat keputusan karena mendapat informasi dengan mudah.

Branding

Suatu produk dapat terbantu pengembangan image dan citra baiknya di mata audiens melalui desain visual yang konsisten dan pesan yang kuat. Selain itu, branding yang efektif juga dapat meningkatkan kesadaran merek, menciptakan loyalitas pelanggan, dan membedakan merek dari pesaing.

Perbedaan Reklame dan Iklan

Reklame

  • Biasanya dipasang di ruang publik berupa papan, spanduk, billboard, atau poster.
  • Ditempatkan di ruang publik seperti jalan raya, gedung, jendela toko, dan tempat umum lainnya.
  • Memiliki konten yang singkat dan persuasif.
  • Biaya tergantung material, pemasangan lokasi dan ukuran reklame.
  • Target audiens umum.
  • Kurang interaktif karena bersifat statis.

Iklan

  • Pesan komunikasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan, organisasi atau individu dengan tujuan promosi.
  • Digunakan di berbagai media seperti televisi, radio, internet, majalah, koran, dan lain-lain.
  • Memiliki konten persuasi dengan durasi cukup lama.
  • Biaya bisa sangat bervariasi tergantung pada media yang digunakan.
  • Target audiens khusus.
  • Bersifat nteraktif.
Iklan Reklame billboard mengenai promosi makanan dengan desain unik dan warna merah yang menarik

Penting untuk diingat bahwa dalam era persaingan bisnis yang ketat, media visual yang menarik dan strategis dapat menjadi alat yang sangat berpengaruh. Alat ini tidak hanya membantu menyampaikan pesan pemasaran secara efektif, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Dengan memahami jenis, tujuan, dan fungsinya, serta menerapkan strategi yang tepat, brand Anda dapat mencapai visibilitas yang lebih tinggi dan kesuksesan jangka panjang. 

About Kingsign

kingsign memberikan berbagai jasa pembuatan container cafe.

Sejak tahun 2012, Kingsign sudah mengerjakan plang nama dengan jangkauan seluruh Indonesia.

Kami adalah kontraktor yang dapat menciptakan signage terbaik agar meningkatkan performa usaha anda.

Anda tidak akan menemukan perusahaann yang memberikan kepedulian dalam setiap projectnya seperti apa yang kami lakukan.

Head Office :  Pondok Indah Office Tower 2, Lantai 15, Jalan Sultan Iskandar Muda Kav, V-TA, Jakarta Selatan.

Any Question?

Kami melayani daerah Jakarta, Jabodetabek dan Seluruh Indonesia.

kingsign bergerak dibidang fabrikasi reklame
Have any questions?

[email protected]

Whatsapp Us!

0851 6273 9696

Location

Head Office : Pondok Indah Office Tower 2, Lantai 15, Jalan Sultan Iskandar Muda Kav, V-TA, Jakarta Selatan.

Copyrights 2024 by kultivate.id.
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.